Senin, 27 Oktober 2008

Menkes Buka Expo Peduli Autisme 2008



Sabtu, 26 April 2008 | 12:32 WIB

JAKARTA,SABTU - Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari hari ini, Sabtu (26/4) membuka Expo Peduli Autisme 2008 di Gedung Sucofindo, Jakarta. Rangkaian acara yang akan berlangsung hingga esok hari ini akan berisikan seminar dan pameran barang-barang kebutuhan penyandang autisme.

Ketua Yayasan Autisme Indonesia (YAI) Melly Budiman mengatakan upaya peduli autisme sudah dimulai sejak tahun 1997 dimana dirinya beserta beberapa orang dokter menyadari jumlah anak penderita autis semakin banyak. "Kita juga nggak tahu ya, penderita autisme itu kok semakin banyak, jadi saya yang kebetulan dulu sering ke Amerika karena anak saya sekolah di sana, mencari tahu. Akhirnya diusulkan oleh teman-teman dokter di sana, kenapa nggak bikin yayasan saja," ujar Melly di Jakarta, Sabtu (26/4).

Menurut Melly, berkembangnya upaya ini juga disebabkan adanya persepsi yang buruk dari masyarakat Indonesia terhadap penderita dan keluarga penderita autisme. Ketua Panitia, Stanley Barata mengharapkan upaya peduli autisme ini dapat menggugah kepedulian dan perhatian kepada penyandang autisme, juga memperlengkapi para orang tua dan praktisi dalam menangani anak penderita autis.

"Dengan adanya pemahaman yang baik dalam masyarakat, penyandang autisme dapat diterima dengan baik dan wajar, tidak lagi diolok-olok dan diejek," ujar Stanley. Menkes Siti Fadilah sempat menitikkan air mata ketika salah satu anak perempuan penderita autis bernama Tiara membacakan sebuah puisi yang berceritakan tentang terima kasih seorang anak autis terhadap ayah dan ibunya.

Dalam kesempatan ini Menkes juga menjanjikan therapy center di beberapa rumah sakit untuk keluarga-keluarga penderita autis yang kurang mampu. "Pemerintah akan menyediakan pelayanan kesehatan bagi autisme yang kurang mampu, mudah-mudahan tahun ini bisa merealisasikan hal tersebut dan dapat membantu keluarga penderita yang tidak mampu," tukas Menkes.

Selain pembacaan puisi, dalam pembukaan, Menkes dan para peserta dihibur oleh Osha, salah satu anak autis yang pintar memainkan biola beserta teman-teman band-nya dari SMU Al Azhar Kemang Pratama Bekasi.

sumber:http://kompas.com/read/xml/2008/04/26/12325956/menkes.buka.expo.peduli.autisme.2008.

Tidak ada komentar: